RSS

Sebuah Pasak

01 Nov

Suatu hari iblis melihat seekor domba jantan yang diikat pada sebuah pasak. Iblis kemudian menggoyang pasak itu, hal ini membuat domba menanduk-nanduk sehingga pasaknya tercabut dari tanah. Domba itu berlari masuk dalam rumah pemiliknya, dan di dinding ruang masuk ada sebuah cermin antik yang indah. Domba itu melihat bayangannya sendiri di kaca sehingga ia merunduk, mengambil ancang-ancang dan berlari menyeruduk. Cermin itu pun pecah berantakan, berkeping-keping.

Mendengar ini nyonya rumah segera berlari ke asal suara dan menemukan cermin indahnya telah hancur. Cermin itu merupakan warisan keluarga, dan telah ada dirumah itu sejak bertahun-tahun lamanya. Ia berteriak ke para pelayan, “Potong leher domba itu! Sembelih!” Para pelayan pun segera memotong leher domba jantan itu(domba kesayangan suaminya).

Ketika suaminya menemukan bahwa domba kesayangannya tidak lagi berkepala. Ia murka. “Siapa yang membunuh dombaku? Siapa yang berani melakukan perbuatan sesadis ini?” Istrinya balas membentak, “Aku yang menyembelihnya. Kubunuh karena dia menghancurkan cermin antik warisan orangtuaku.” Mendengar hal ini suaminya membalas, “Kalau begitu, sekarang kau kuceraikan!”

Kejadian ini membuat tetangga mulai bergunjing, dari gunjingan inilah kakak si istri mendapat informasi bahwa adiknya diceraikan hanya gara-gara “potong kambing”. Tidak terima dengan keadaan ini, kakak dan adik si istri mengumpulkan seluruh sanak saudara untuk memburu si suami, lengkap dengan senapan, pistol, dan parang.

Mendengar kabar ini, keluarga besar si suami lantas membela kerabatnya. Dua keluarga kemudian bertarung, banyak korban terbunuh, rumah-rumah juga banyak yang hancur.

Iblis kemudian berkata “Kau lihat? Aku hanya menggoyang pasak.” 

***Dikutip dari buku “Cinta Bagai Anggur” – Syaikh Muzaffer Ozak

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 November 2011 in Catatan Hati

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: