RSS

Prinsip Huygens

10 Sep

“blurr….blurr…blurr…”

Dengan wajah yang polos, anita yang baru berusia 5 tahun itu melemparkan 3 buah batu ke kolam rumahnya. lalu dia pun mengernyitkan dahinya seolah berpikir keras. Dan dia pun masih dengan wajah polosnya mengulangi hal yang sama.

“bluur…blurr..blurrr..”

Maka rona mukanya pun seketika buncah karena kagum,luarbiasa atas refleks yang diberikan air dikolam terhadap batu yang dijatuhkan dikolamnya. Namun sekali lagi,dia terlalu hijau untuk memahami semua ini. Sang ibu pun dengan intuisinya yang tajam,mampu menangkap kegelisahan anita kecil. Beliau tersenyum sejenak dan mengusap kepala anita. lalu dia berkata

“Ini prinsip Huygens, puteriku…”

“Prinsip Huygens?? Apa itu bunda?” tanya anita

Sang ibu masih dengan tatapan kasih dan senyum menggulum pun menjawab

“Prinsip ini dahulu dikemukakan oleh Ilmuwan Belanda anakku,namanya Chistian Huygens pada tahun 1678. Prinsip ini adalah metode numerik geometrik untuk mencari dari sebuah bentuk gelombang itu pada suatu waktu kemudian. Huygens menganggap bahwa tiap-tiap titik dari sebuah muka gelombang dapat ditinjau dari sebuah muka gelobang dapat ditinjau sebagai sumber gelombang-gelombang kecil sekunder yang menyebar keluar ke segala arah dengan laju yang sama degnan laju perambatan gelombang itu. Muka gelombang yang baru pada suatu waktu kemudian akan didapatkan dengan membangun sebuah permukaan yang menyinggung gelombang kecil sekunder, atau yang dinamakan pembungkus dari gelombang itu.”

Sang bunda yang paham akan keterbatasan anaknya untuk berpikir berat seperti itu menambahkan, “singkatnya anakku bahwa Prinsip Huygens menerangkan bahwa setiap muka gelombang dapat dianggap memproduksi wavelet atau gelombang-gelombang baru dengan panjang gelombang yang sama dengan panjang gelombang sebelumnya.Wavelet bisa diumpamakan gelombang yang ditimbulkan oleh batu yang engkau jatuhkan ke dalam air tadi anakku.”

Bunda melanjutkan,”Anakku, mungkin engkau terlalu muda untuk memahami semua ini. Namun lihatlah baik-baik anakku, bahwa batu kecil yang engkau lemparkan tadi akan menimbulkan gelombang yang awalnya kecil. Dari gelombang yang kecil itu akan membentuk gelombang yang besar dan terus semakin membesar. Maka anakku, dalam hidup ini alam ingin mengajarkan kepada kita bahwa sebuah gerakan yang besar itu dimulai dari gerakan yang kecil. Maka jika engkau ingin menjadi orang besar, jangan lupakan dan mulailah dari yang kecil anakku serta istiqomahlah. Maka bunda pun berdoa, semoga gelombang yang engkau hasilkan akan menjadi besar sampai ke seluruh jagad raya ini.”

Lalu anita walau masih bingung,namun dia dengan tersenyum melihat wajah bunda dan berkata,”Bunda, anita sayang bunda karena Allah.”

Gambar

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 10 September 2012 in Uncategorized

 

2 responses to “Prinsip Huygens

  1. Unik Tiara Refani Karlita

    8 Oktober 2012 at 12:23 am

    jarang nulis kak… smangat nulis🙂

     
  2. giewahyudi

    17 Februari 2013 at 7:22 pm

    Kita harus berterima kasih pada Chistian Huygens yang melihat hal kecil yang sangat indah ini..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: